Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018

www.dunianeka.com – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 jenjang SMP/MTs.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 35 Tahun 2018 merupakan ketetapan perubahan peraturan sebelumnya yang mengatur tentang pemberlakuan Kurikulum 2013 jenjang SMP/MTs, yaitu Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014.

Pertimbangan yang dipakai untuk menerbitkan ketetapan perubahan adalah upaya pemenuhan kebutuhan dasar seluruh peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya pada era digital.  Mengingat hal tersebut maka perlu ditambahkan serta pengintegrasian muatan informasika pada seluruh kompetensi dasar dalam kerangka dasar dan struktur Kurikulum 2013 pada jenjang SMP/MTs.

Beberapa perubahan pokok dari ketentuan dalam Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 jenjang SMP/MTs diantaranya:

Perubahan pasal 5

Pasal 5 menjelaskan bahwa mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) dikelompokkan atas:

  • Kelompok A

Merupakan kelompok mata pelajaran kurikuler.  Kelompok mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan peserta didik.  Tujuan-tujuan ini merupakan dasar dan penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Acuan dan muatan pembelajaran mata pelajaran dalam kelompok A bersifat nasional, sehingga seluruh pengembangannya dilakukan oleh pemerintah.

Mata pelajaran yang masuk dalam kelompok A meliputi: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Inggris.

  • Kelompok B

Mata pelajaran kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni.

Muatan dan acuan pembelajaran mata pelajaran umum kelompok B bersifat nasional dan dikembangkan oleh pemerintah.  Meski demikian dapat diperkaya dengan muatan local oleh pemerintah daerah dan/atau satuan pendidikan.

Mata pelajaran dalam kelompok B meliputi: Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) dan Prakarya dan/atau Informatika.

Mata pelajaran dalam kelompok B dapat ditambah dengan mata pelajaran muatan lokal yang sifatnya berdiri sendiri.

Perubahan kedua adalah penyisipan pasal 10A diantara Pasal 10 dan Pasal 11, yang mana di dalamnya diinformasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran informatika sebagai pelajaran pilihan dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2019/2020 sesuai dengan kesiapan sekolah.

Ketentuan mengenai pembelajaran mata pelajaran informatika pada jenjang SMP/MTs akan diatur selanjutnya dengan peraturan menteri.

Kurikulum 2013 SMP/MTs yang diatur dalam Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 telah diubah dengan menambahkan mata pelajaran informasi dalam kelompok B.  Bagi Anda yang membutuhkan Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 dapat mengunduhnya pada tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *